Langsung ke konten utama

KEKUATAN DOA Bab 13 - Ahmed Hulusi



13
MEMAHAMI AL-QUR'AN





Al-Qur'an diwahyukan agar bisa 'difahami'. Secara garis besar, saya ingin membahas bagaimana Al-Qur'an, dzikir terbesar dari semua dzikir, mesti difahami.

Satu-satunya cara agar orang dapat melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu adalah dengan kebiasaan atau dengan mempelajari sesuatu dengan hati. Ini berlaku bagi semua mahluk. Hanya MANUSIA yang memiliki kemampuan untuk memahami dan merenung dan karenanya digelari sebagai 'khalifah Allah di bumi.' Mereka yang mencerna kebenaran ini dan menetapinya disebut 'Muslim yang mulia'. Tentu saja, mereka yang meniru menjalankan aktivitas-aktivitas tertentu juga akan mendapat bagiannya bergantung pada keyakinan mereka akan hakikat diri mereka.

Untuk memahami Al-Qur'an, orang mesti 'bersih', yakni 'suci', karena “mereka yang tidak tersucikan tidak boleh menyentuh Al-Qur'an.” Sayangnya, ayat ini seringkali disalahartikan. Kita mengira bahwa dengan mencuci dengan air dan berwudlu kita langsung 'tersucikan'; Padahal Al-Qur'an menerangkan bahwa lawan dari 'kesucian' dengan ayat berikut:

“Sungguh para dualis (yang mengklaim keberadaan identitas-ego mereka bersama Keesaan Absolut) terkontaminasi (terkotori)!”49

Dengan kata lain, berada dalam keadaan kotor adalah dalam keadaan 'mendua' (syirik)!

Ayat ini melarang para dualis yang menjadi kotor karena kotoran syirik untuk tidak menyentuh Al-Qur'an sebelum tersucikan dari sistem pemikiran yang tidak suci; karena dalam keadaan dualitas (menduakan, syirik), seseorang tidak akan dapat memahami Keesaan Allah dalam Al-Qur'an.

Keesaan Allah dan ide melihat yang ''banyak' dari yang 'satu' bertentangan dengan perspektif tuhan di atas sana – yang lahir dari ilusi bahwa kita memiliki wujud yang terpisah – mungkin tidak mudah difahami. Inilah sebabnya jika kita benar-benar ingin memahami Al-Qur'an, pertama-tama kita mesti membersihkan diri kita dari kotoran dualitas.

Tapi, apakah dualitas itu?

Dalam istilah yang sederhana, konsepsi sosok 'tuhan' atau 'berhala' yang terpisah dari wujud adalah yang melandasi pandangan dualistik.

Dengan kata lain, berpikiran bahwa ada sosok tuhan di luar Anda nun jauh di sana, yang mendengar dan melihat Anda dari kejauhan, yang terkadang turut campur dengan aktivitas-aktivitas Anda dan terkadang membiarkan Anda sesuka hati anda, yang melemparkan ke Neraka siapa yang menimbulkan murkaNya dan mengirim ke SurgaNya mereka yang membuatNya senang, yang terkadang penuh kasih dan terkadang murka, menunjukkan keadaan dualitas. Pikiran-pikiran dan konsep-konsep tuhan/ketuhanan demikian merupakan dasar utama dari persepsi dualistik.

Rasulullah (saw) telah merumuskan pemahaman untuk membebaskan orang dari konsep dualitas sebagai:

“Tidak ada tuhan, hanya ada Allah” (La ilaha illa Allah)

Secara singkat berarti: Tidak ada sosok tuhan atau ketuhanan. Hanya ada Allah dan sistemNya.

“Dzikir yang paling utama adalah dzikir 'La ilaha illaLlah.'”50

“Orang yang mengatakan 'La ilaha illaLlah' akan masuk Surga, meskipun dia mencuri atau berjinah.”51

Hadits ini menunjukkan pentingnya rumusan ini. Yakni, meskipun orang tersebut mesti melakukan semua ini, jika dia memahami kalimat tauhid (La ilaha illa Allah), pada suatu saat dia akan bertaubat dan tidak membuat kesalahan yang dihasilkan dari ilusi bahwa ada sosok tuhan-berhala. Dia akan menghadapkan wajahnya kepada Allah dan hidup sesuai dengannya, dan ini akan membawanya ke keadaan Surga.

Bagi yang ingin melihat lebih rinci mengenai topik ini dapat merujuk ke buku Allahnya Muhammad.

Jadi, bagaimana orang bisa mulai merasakan Surga? Ada dikatakan bahwa, “Mereka mencium wangi Surga ketika masih di dunia.” Apa artinya ini?

Ini merupakan pengalaman yang terjadi ketika seseorang mulai dibersihkan dari ilusi tuhan-berhala eksternal dan mengenal tiada terbatasnya konsep Allah yang tiada hingga.

Ini dirasakan apabila seseorang menyadari bahwa Allah yang tak berbatas tiada hingga hadir di setiap iota wujud dengan kesempurnaanNya sesuai dengan Dzat AbsolutNya. Yang Esa yang bertahun-tahun dia kira jauh di luar sana kini menampakkan wajahNya dari dirinya sendiri!

Mencari Dia kemana-mana, namun hanya menemukanNya di dalam diri...

Maka kita pun akan memahami makna yang tersembunyi dibalik ayat “...Maka kemana pun kalian berpaling, di sana ada wajah Allah (kalian berhadap-hadapan dengan maniffestasi Nama-nama Allah)”52 dan mulai mencintai Dia di mana pun dan di dalam segala sesuatu. Dia tidak akan lagi marah atau merasa dendam terhadap orang lain. Dia tidak akan bergosip atau mengkritik orang lain atau memaksa orang lain terhadap suatu apapun. Bukannya membuang-buang waktu untuk kesenangan sesaat, dia akan sibuk dengan hal yang permanen dan mengingat kekasihnya dalam tindakan, perkataan dan kesadarannya. Mengamalkan Islam menjadi hal yang mudah baginya.

Bukannya mengulang-ulang kalimat tauhid (la ilaha illa Allah), dia akan memulai menjalani dan merasakannya.

Shalat lima waktu sehari bukan tugas yang berat... Walau bagaimanapun, kita membasuh tangan dan wajah di saat bangun – jika kaki ikut dibasuh, maka sempurnalah sebagai wudlu... Ditambah dua menit untuk shalat, maka selesailah.

Pada siang hari, tidak bisakah kita menyisihkan empat menit untuk shalat empat rakaat? Dibanding dengan kesibukan kehidupan materialis dari dunia sekitar kita, apa artinya empat menit untuk bisa kembali kepada esensi kita?

Dan di waktu sore? Tidak bisakah kita meluangkan empat menit untuk empat rakaat lagi, untuk membuka jendela yang membawa kita kepada dimensi kita yang sebenarnya?

Ketika tiba di rumah di malam hari, tiga menit untuk tiga rakaat shalat dan kita tinggalkan semua kecemasan duniawi di belakang kita, untuk ketenangan pikiran yang menyertai kekekalan.

Dan yang terakhir, sebelum pergi tidur, empat menit terakhir untuk empat rakaat, dengan perasaan lega karena telah meninggalkan semua masalah keseharian di belakang kita. Jadi, itulah semua yang dikehendaki dari kita, jelas dan sederhana. Jika kita menjumlahkan semuanya, hanya 17 menit sehari! Tujuh belas menit sehari dari total seribu empat ratus empat puluh menit – hanya itu saja!

Tapi jika Anda menghendaki lebih dari itu, jika Anda telah memahami sepenuhnya bahwa ada kehidupan kekal menanti anda, dan Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa, Anda bebas untuk menambah upaya Anda sekehendak Anda.

Ibadah haji adalah pilar Islam berikutnya setelah shalat.

Saya telah menjelaskan pentingnya ibadah haji secara rinci di dalam buku Misteri Manusia.

Rasulullah (saw) mengatakan:

“Segerakanlah melaksanakan ibadah haji, karena orang tidak tahu halangan apa yang mungkin dihadapinya di masa yang akan datang!”53

Dan:

Hazrat Abi Umama (ra) meriwayatkan bahwa Rasulullah (saw) mengatakan: “Barangsiapa gagal melaksanakan haji padahal tidak terhalang darinya oleh keperluan yang pasti dan absah, atau oleh tekanan dari penguasa yang zalim, atau oleh penyakit yang berat, dan kemudian meninggal dunia, dalam kondisi demikian dia mempunyai pilihan untuk mati sebagai seorang Yahudi, jika dia menghendaki, atau sebagai seorang Kristiani jika dia menghendaki.”54

Inilah sebabnya mengapa haji merupakan ibadah yang diperintahkan dan mesti dilaksanakan dengan amat segera.

Apabila seseorang telah menyelesaikan ibadah hajinya, seluruh dosanya di masa lalu dihapuskan, termasuk pelanggaran terhadap hak orang lain. Dia menjadi suci bagaikan bayi yang baru dilahirkan. Rasulullah (saw) mengatakan bahwa meragukan bahwa dosa-dosa Anda telah diampuni setelah ibadah haji Anda merupakan dosa yang paling besar di antara semua dosa.

Bukankah aneh melepaskan peluang seperti itu? Terutama karena waktu kematian tidak diketahui, tidak rasionalkah menjadi bersih dan tersucikan dari semua energi negatif dan tidak melanjutkan kehidupan setelah kematian dengan beban seperti itu?

Adapun mengenai unsur spiritual dari ibadah haji, meskipun waktunya sangat singkat, Anda mengenakan kain ihram untuk menyimbolkan sedang menanggalkan semua nilai-nilai duniawi dan material dan menyelam kedalam nilai-nilai tak hingga dari dzat yang lebih tinggi.55 Untuk terlepas dari identitas dan berenang tanpa ego di samudera kesadaran tiada-hingga. Untuk melihat wajah Allah di Ka'bah dan bercakap dengan sang kekasih...!

Adapun mengenai puasa dan zakat...

Puasa adalah persyaratan khusus untuk memungkinkan pengalaman akan ihwal malaikati. Suatu rahmat yang sangat besar yang memungkinkan Anda mengenal bahwa Anda pada hakikatnya tidak terikat dengan makanan, minuman, seks, pikiran dan ucapan buruk. Hanya 29 hari dari 365 hari! Itu untuk membantu Anda menyadari bahwa diri Anda bukanlah tubuh jasmani Anda, tapi mahluk sadar yang mengandung sifat-sifat malaikati.

Membayar zakat, di sisi lain, adalah berdasarkan pemahaman bahwa Dia lah yang hadir di setiap iota perwujudan, dan karenanya berbagi dengan mereka sedikitnya satu per empat puluh dari harta Anda...

Berikut adalah penjelasan Rasulullah yang paling sederhana tentang Islam, yang diajarkan di dalam Al-Qur'an, yang mengatakan: “Permudah dan lancarkanlah jangan mempersulit, karena untuk cinta bukan untuk benci”...56

Setelah uraian mengenai apa yang dituntut Al-Qur'an dari kita, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah (saw), mari kita membahas konsep dosa dan apa yang dimaksud dengan taubat.


Dosa dari nafsu telah meliputimu bagaikan gunung-gunung
Engkau mencari sang pengampun tapi tak menyadari dosa-dosamu
 
 (Niyazi Misri)


49Al-Qur'an 9:28
50At-Tirmidzi
51Kanz al-Ummal 1:208
52Al-Qur'an 2:115
53Abu Dawud
54 At-Tirmidzi
55Silakan merujuk ke Bab 'Dzat Yang Lebih Tinggi' dalam buku Yang Maha Melihat.
56 Al-Nasai, Ahmad ibnu Hanbal. Al-Musnad.

Lihat Bab-1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bentuk Bumi Dalam Qur'an

Bentuk Bumi Bulat (Arti Kata KAWARA dan DAHAHA) Dahulu kala, orang percaya bahwa bumi datar. Berabad-abad, manusia takut untuk bepergian terlalu jauh, jika melanggar maka akan terjatuh di pinggiran bumi. Sir Francis Drake adalah orang pertama yang membuktikan bahwa bumi bulat setelah berlayar mengitarinya di tahun 1597. Perhatikan ayat Quran tentang perubahan siang dan malam. "Tidakkah engkau melihat bahwa Allah memasukkan malam kedalam siang dan memasukkan siang kepada malam?"[Al-Qur'an 31:29] Kata 'memasukkan' disini mengandung pengertian bahwa malam secara perlahan berubah kedalam siang, demikian pula sebaliknya.Fenomena ini hanya bisa terjadi jika bumi berbentuk bulat. Jika bumi datar, maka perubahan antara siang dan malam akan seketika, tidak perlahan-lahan.      Ayat berikut juga menyinggung bahwa bentuk bumi bulat. "Dia ciptakan langit dan bumi dengan benar. Dia menggulungkan malam pada siang, dan menggulungkan siang atas malam ."[Al-Qur'

Gunung Sebagai Pasak

Ayat Al-Quran Tentang Gunung: Sumber: www.islam-guide.com Alih Bahasa: T.J. Sagwiangsa Sebuah buku yang berjudul Earth  merupakan textbook rujukan mendasar di banyak universitas di seluruh dunia.  Salah seorang pengarangnya adalah Professor Emeritus Frank Press.  Dia merupakan Penasehat Sains bagi Presiden Amerika Serikat terdahulu Jimmy Carter, dan menjabat selama 12 tahun sebagai Direktur di National Academy of Sciences, Washington, DC. Bukunya menyatakan bahwa gunung-gunung memiliki akar di bawahnya. 1   Akar-akar ini tertancap dalam di dalam tanah, karenanya, gunung-gunung memliki bentuk seperti sebuah pasak  (lihat Gambar 7, 8, dan 9).   Gambar 7:  Gunung-gunung memiliki akar yang dalam di bawah permukaan tanah. ( Earth , Press dan Siever, hal. 413.) Gambar 8:  Penampang skematik.  Gunung-gunung, seperti halnya pasak, memiliki akar yang tertancap di dalam tanah ( Anatomy of the

Siapa Pengarang Perjanjian Baru?

Kitab Perjanjian Baru Alih bahasa dari: The New Testament Oleh: Dr. Lawrence Brown, M.D. www.TrueToJesus.com Keduanya membaca Al Kitab siang dan malam, Yang kaubaca hitam sedangkan bagiku putih -          Mark Twain, Letters from Earth, Vol. II Tentu saja, sikap sentimen Blake di atas bukan sesuatu yang baru. Kitab Perjanjian Baru mengandung banyak ketidakkonsistenan yang menelurkan beragam interpretasi, keyakinan, agama yang memusingkan, yang kesemuanya dinyatakan berlandaskan Al Kitab. Dan kita pun menemukan satu pengarang yang mengusulkan hasil pengamatan yang menghibur: Anda bisa dan tidak bisa, Anda harus dan tidak harus, Anda akan dan tidak akan, Dan Anda akan dikutuk jika Anda melakukannya, Dan Anda akan dikutuk jika Anda tidak melakukannya.[1] Mengapa banyak ragam sudut-pandang? Pertama, kelompok-kelompok teologi yang berbeda berselisih pendapat mengenai kitab yang mana yang harus dimasukkan kedalam Al-Kitab. Naskah apokrip (tak jelas siapa